Makna Lambang Tut Wuri Handayani

  • Whatsapp
Tut Wuri Handayani

Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting yang sudah menjadi kebutuhan bagi manusia. Pendidikan untuk meningkatkan kualitas diri di bidang keilmuwan dan peningkatan sumberdaya manusia. Majunya suatu negara juga dapat di lihat dari majunya teknologi dan pendidikan yang ada di negara tersebut.

Indonesia memiliki lambang pendidikan yang dicetuskan oleh pahlawan pendidikan Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara. Lambang tersebut yaitu Tut Wuri Handayani, dimana kalimat tersebut adalah bagian dari semboyan “Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wui handayani.”

Lalu apa makna Lambang Tut Wuri Handayani sebagai lambang pendidikan Indonesia? Nah berikut adalah beberapa ulasannya yang kami rangkum dari islamiques.net untuk anda.

  1. Bidang segi lima (biru muda)

Bidang segi lima pada lambang Tut Wuri Handayani  Ini yang menggambarkan alam dan kehidupan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Pancasila menjadi pedoman pada seluuh kegiatan pendidikan yang ada di Indonesia. Ini menjadi salah satu makna lambang Tut Wuri Handayani dari bidang segi lima.

  1. Semboyan Tut Wuri Handayani

Semboyan ini dibuat oleh pahlawan bangsa Indonesia yaitu Ki HajarDewantara yang memiliki beberapa arti. Semboyan ini memiliki arti melengkapi penghargaan dan penghormatan kita terhadap Ki Hajar Dewantara, dimana hari lahirnya dijadikan sebagai Hari Pendidikan Nasional. Hari lahir Pancasila menjadi salah salah satu hari libur nasional Indonesia.

  1. Belencong menyala bermotif Garuda

Belencong yang menyala pada lambang Tut Wuri Handayani adalah sebuah lampu biasa digunakan digunakan pada pertunjunkan wayang kulit. Cahaya yang terdapat pada belencong di lambang tersebut akan membuat pertunjukan menjadi lebih hidup. Ini berarti bahwa pendidikan di Indonesia bisa menjadi cahaya terang untuk masyarakat Indonesia untu melek ilmu.

  1. Burung garuda

Burung garuda yang menjadi motif belencong pada lambang Tut Wuri Handayani ini berarti sebuah gambaran dari pendidikan yang memiliki sifat dinamis yang gagah perkasa dan mandiri dalam mengarungi angkasa luas. Ekor serta sayap burung garuda yang digambarkan berarti satu kata dengan perbuatan Pancasilais.

  1. Buku

Gambar buku pada lambang Tut Wuri Handayani memberikan gambaran sebagai sumber berbagai ilmu yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Ilmu ini diharapkan dapat memperbaiki kehidupan bangsa Indonesia kedepannya dengan meniptakan sumberdaya manusia yang berkualitas.

  1. Warna putih

Warna putih pada lambang Tut Wuri Handayani yang terletak pada ekor dan sayap garuda dan buku. Warna putih ini mengartikan kesucian yang bersih tanpa pamrih, yang mengajarkan bahwa dunia pendidikan merupakan lembaga yang ikhlas untuk mencerdaskan kehidupan angsa sebagai cita-cita bangsa Indonesia.

  1. Warna kuning emas

Warna kuning emas seperti nyala api pada lambang Tut Wuri Handayani ini memiliki arti keagungan dan keluhuran pengabdian. Pendidikan di Indonesia menerapkan pengabdian kepada bangsa untuk menyalurkan ilmu untuk mengembangkan sumberdaya untu lebih berguna untuk bangsa dan negara di kemudian hari.

  1. Warna biru muda

Warna biru muda  pada bidang segi lima di lambang Tut Wuri Handayani ini memberikan arti pengabdian yang tak akan pernah putus dengan memiliki pandangan hidup yang mendalam. Pandangan hidup yang di implementasikan dengan Pancasila sebagai pedoman pembangunan sumberdaya masyarakat Indonesia.

Demikian merupakan beberapa ulasan mengenai makna lambang Tut Wuri Handayani yang dapat anda jadikan referensi. Masih banyak informasi mengenai dunia pendidikan yang harus anda ketahui. Semoga ulasan mengenai makna lambang Tut Wuri Handayani di atas dapat bermanfaat bagi pembaca dan masyarakat luas.

Related posts