Ingin masuk ke perguruan tinggi negeri favoritmu? Ada beberapa jalur ujian yang dapat kamu lewati antara lain adalah SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri dari tiap perguruan tinggi. Pastinya kamu sangat ingin untuk lolos di jalur SNMPTN, karena SNMPTN merupakan jalur undangan dan kamu tidak harus mengikuti tes tertulis. Namun kamu juga harus ber jaga – jaga untuk belajar dengan giat untuk jalur SBMPTN, jangan sampai kamu terlalu berharap untuk masuk di jalur SNMPTN. Karena jika kamu gagal di SNMPTN tanpa mempersiapkan jalur SBMPTN, maka kesempatanmu sudah hilang.

Untuk mempelajari jalur SBMPTN, kamu harus mempelajari untuk mengerjakan TKPA terlebih dahulu. Apapun jurusan yang akan kamu pilih nanti, mulai belajarlah dari TKPA. Di dalam TKPA terdapat tes potensi akademik (TPA), matematika dasar, bahasa indonesia dan bahasa inggris, karena jumlah soal TPA jauh lebih banyak dari yang lainnya kamu harus fokus mempelajari TPA pada awalnya. Jangan pernah menyepelekan soal TPA yang terlihat mudah, perlu ketelitian untuk mengerjakan soal TPA.

Mempelajari contoh soal tpa dan pembahasan tentu agar berguna bagimu, namun pembahasan yang kamu cari haruslah yang mudah kamu mengerti karena banyak sekali materi / topik di TPA yang harus kamu pelajari. Tapi jangan khawatir, kamu dapat mengerjakan soal tpa dan pembahasan lengkapnya di ruangguru. Dalam 4 tahun terakhir soal yang paling banyak keluar adalah aritmetika dasar, verbal, pola gambar, pola barisan dan logika analitik. Untuk pola gambar menempati posisi paling atas dengan 15 soal yang keluar tiap tahunnya.

Dengan mengetahui topik apa yang sering keluar dalam ujian TPA, kamu akan fokus ke soal tpa dan pembahasan soal yang paling banyak keluar terlebih dahulu. Di ruangguru kamu dapat mempelajari tiap topik dengan pembahasan yang rinci serta mudah di mengerti. Hal ini akan membantu proses belajar mu untuk menghadapi soal TPA nanti. Memang dibutuhkan strategi khusus untuk mengerjakan TPA, tapi jika kamu paham akan konsep dasarnya dan mampu berpikir secara logika yang runut kamu tidak akan kesusahan.

Kebanyakan soal TPA juga membutuhkan banyak rumus yang cukup kompleks, tapi dengan berlatih di ruangguru kamu akan semakin terlatih untuk mengerjakan soal apapun. Persiapkanlah dan kerjakan soal tpa dan pembahasan untuk mengasah kemampuanmu. Terus bagaimana sih caranya agar dapat belajar di ruangguru? kamu dapat mengaksesnya di website, versi desktop atau di aplikasi ruangguru. setelah daftarkan dirimu lalu kamu tinggal berlangganan paket SBMPTn di ruangguru. caranya mudah kan?

Yuk tunggu apa lagi, temukan banyak soal tpa dan pembahasan lengkap untukmu. Persiapkan untuk jalur tertulis SBMPTN sebaik mungkin, agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.