Menarik, Inilah Cara Investasi Reksadana UT Saving Plan dan Keuntungannya

  • Whatsapp
Investasi Reksadana UT Saving Plan

Investasi menjadi salah satu pilihan mengembangkan uang, yang wajib dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Berbeda dengan menabung uang di bank, investasi sejak awal memang dirancang untuk persiapan dana bagi kebutuhan masa depan. Seperti persiapan masa pensiun, Pendidikan anak, ataupun sebagai pengembangan sebagian dari dana darurat. Selain itu, salah satu instrumen investasi yang banyak menjadi pilihan masyarakat adalah investasi reksadana. Hal ini dikarenakan prosesnya terbilang praktis, dan bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan bagi investor.

Reksadana Sebagai Tabungan Jenis Investasi

Memiliki cara yang praktis, memulai investasi bersama investasi reksadana bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang baru ingin memulai investasi dengan tingkat risiko lebih rendah daripada investasi saham. Adapun jenis – jenis reksadana yang wajib diketahui:

1. Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana pendapatan tetap adalah reksadana yang alokasi investasinya berupa surat berharga atau obligasi. Reksadana ini dirancang untuk tujuan jangka pendek, menengah dan juga jangka panjang.

2. Reksadana Pasar Uang

Jenis reksadana yang dialokasikan untuk pasar uang dengan jangka waktu pendek tidak melebihi satu tahun. Jenis ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin memiliki dana darurat agar dapat diambil sewaktu-waktu.

3. Reksadana Saham

Reksadana saham adalah reksadana yang dialokasikan untuk pembelian saham, dan sangat sesuai untuk Anda yang memiliki tujuan investasi jangka panjang.

4. Reksadana Campuran

Merupakan jenis reksadana yang dipergunakan untuk membeli saham, obligasi atau pasar uang. Sehingga tujuan investasi umumnya untuk jangka menengah dan jangka panjang.

Reksadana UT Saving Plan dari DBS Treasures

Mulai investasi reksadana Anda bersama DBS Treasures.  yang menyediakan fasilitas UT Saving Plan, DBS Treasures memberikan Anda kemudahan berinvestasi secara rutin dan berkala, menawarkan berbagai jenis investasi reksadana, seperti pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham atau reksadana campuran dari partner Manajer Investasi yang profesional dan  telah terbukti rekam jejak kinerjanya. Adapun beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

1. Pastikan Tujuan Investasi

Setiap jenis reksadana memiliki karakter masing-masing, sehingga Anda harus memastikan terlebih dahulu tujuan investasi, agar dapat memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Pahami Kinerja

Penting pula untuk memahami kinerja reksadana yaitu pengumpulan dana dari pemodal, yang kemudian diinvestasikan dalam bentuk saham atau instrumen pasar uang, dimana proses ini dilakukan oleh Manajer Investasi. Karena dikelola oleh manajer investasi, pastinya akan memudahkan Anda yang ingin berinvestasi di tengah padatnya kesibukan.

Anda dapat melihat rencana alokasi ataupun distribusi dana dari suatu reksadana dan juga menganalisa rekam jejak kinerja reksadana tersebut dari prospektus ataupun fact sheet.

3. Menentukan Nominal, Jangka Waktu Dan Tanggal Pemungutan Dana

Anda juga harus merencanakan nominal, jangka waktu serta tanggal pemungutan dana investasi dari rekening. Sehingga Anda dapat mengatur keuangan dengan baik, dan investasi pun berjalan lancar. Tidak lupa Andapun secara berkala harus memantau kinerja investasi reksadana  yg telah Anda pilih.

Keuntungan Reksadana UT Saving Plan Dari DBS Treasures

Dari sekian banyak lembaga keuangan, priority banking DBS Treasures dapat dipilih sebagai tempat berinvestasi Reksadana dengan fitur UT Saving Plan. Mengapa demikian?

1. Produk Beragam

Fitur Reksadana UT Saving Plan dari DBS Treasures ini akan membantu Anda untuk secara otomatis berinvestasi di reksadana secara berkala, dan juga memberikan kebebasan pada Anda untuk memilih Manajer Investasi, jenis reksadananya, termasuk jenis mata uang. Tentunya ini akan memudahkan Anda menentukan jenis investasi sesuai kebutuhan dan tujuan.

Fasilitas reksadana ini juga sangat membantu, untuk berinvestasi berkala dengan minim risiko, meminimalisir faktor emosi dalam memutuskan pencairan atau penarikan dana. Hal ini akan memungkinkan seseorang untuk tetap bisa berinvestasi dengan aman, dan dapat mengambil keputusan tepat terkait pencairan dananya.

2. Memiliki Kemudahan

Salah satunya adalah penarikan dana investasi yang langsung debet rekening. Adapun nominal debet dan waktunya tergantung kehendak calon investor. Anda pun dapat mencairkan dana investasi sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

3. Menambah Keberagaman Portofolio

Pengelolaan dana investasi dapat dialokasikan dalam beberapa instrumen seperti saham, obligasi dan sejenisnya, sehingga memungkinkan Anda masih mendapat keuntungan, ketika salah satu instrumen tersebut mengalami penurunan nilai.

4. Dikelola oleh Profesional

Salah satu komponen reksadana adalah dikelolanya dana oleh manajer investasi. DBS Treasures bermitra dengan manajer investasi yang profesional dan terpercaya. Tim ahli finansial DBS Treasures sendiri bekerja berdasarkan data, selalu mengikuti perkembangan pasar secara terus menerus, serta mampu membantu investor saat pengambilan keputusan investasi. Tim ahli finansial ini juga memiliki kecepatan dalam menganalisa peluang dan menyampaikannya peluang kepada investor.

5. Kejelasan Informasi Lembaga

DBS Treasures memiliki website resmi yang jelas, transparan dan mudah diakses kapan saja. Dari website tersebut investor dapat mempelajari produk-produk investasi yang tersedia, hingga berkomunikasi langsung dengan tim ahli finansial melalui berbagai cara, seperti SMS, whatsapp, email atau telepon, guna mengetahui peluang dan perkembangan pasar, serta meminta pendapat terkait strategi investasi.

6. Terjamin Keamanannya

Reksadana UT Saving Plan dari DBS Treasures ini telah termasuk dalam daftar pengawasan OJK yang berwenang mengawasi lembaga keuangan bank dan non bank. Otomatis berinvestasi menjadi lebih aman dan nyaman.

Mungkin selama ini, masyarakat lebih mengenal deposito atau emas sebagai sarana termudah untuk berinvestasi. Namun ketika sudah memahami lebih banyak tentang reksadana, bisa jadi investasi jenis ini yang menjadi pilihan. Terlebih pada faktanya investasi reksadana mempunyai banyak keunggulan dan kemudahan, serta berpotensi mendatangkan keuntungan besar.

Tak hanya itu. Adanya lembaga keuangan seperti DBS Treasures dengan fasilitas unggulannya Reksadana UT Saving Plan, pilihan manajer investasinya, serta keunggulan dalam inovasi berbasis digital, akan semakin memantapkan investor dalam menginvestasikan dananya. Jadi, tunggu apalagi? Segera investasikan dana Anda, dan dapatkan manfaat serta keuntungan investasi reksadana bersama DBS Treasures.

Related posts