Mencegah dan Mengobati Hipertensi dengan Amlodipin

  • Whatsapp
Hipertensi

Hipertensi merupakan suatu penyakit yang kebanyakan merupakan faktor genetik. Hipertensi ini dikenal oleh masyarakat umum sebagai tekanan darah tinggi. Pada umumnya, hipertensi dapat diberikan terapi dengan memberikan obat yaitu amlodipin. Fatal akibatnya jika hipertensi tidak ditangani dengan serius, hipertensi yang tidak terkontrol dapat berakibat sangat fatal diantaranya adalah jantung coroner, gangguan ginjal atau organ lain. Segeralah temui dokter keluarga Anda untuk mengetahui apakah Anda memiliki penyakit hipertensi atau tidak.

Cara Mengetahui Hipertensi

Hipertensi dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan oleh perawat dengan cara membendung lengan Anda dengan semacam kain yang dapat mengembang setelah dipompa. Kemudian, perawat akan meraba pembuluh nadi pada pergelangan tangan Anda dan akan ditentukan berapa tekanan darah Anda saat itu. Tekanan darah normal biasanya sekitar 120/80 mm/Hg, dikatakan tekanan darah tinggi jika Anda memiliki tekanan darah diatas tekanan darah normal dan dikatakan darah rendah jika Anda memiliki tekanan darah dibawah tekanan darah normal.

Jika hasil pemeriksaan hipertensi Anda diatas nilai normal, maka dokter yang menangani Anda akan meresepkan obat generik seperti Amlodipin mulai dari dosis terendah. Dosis tersebut akan dinaikkan berdasarkan diagnosa dokter, dan jangan sekali-kali Anda mengambil keputusan sendiri dalam menaikkan dosisnya dikarenakan obat ini atas anjuran dan pengawasan dokter. Jika Anda memiliki gaya hidup yang tidak sehat dan memiliki keluarga yang sudah terdiagnosa hipertensi. Anda harus memikirkan bagaimana caranya mencegah penyakit hipertensi yang pasti akan terjadi kepada Anda. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan supaya Anda dapat meminimalisir terjadinya hipertensi kepada Anda.

Cara mencegah Hipertensi

Mengontrol Tekanan Darah

Selain obat amlodipin yang dibutuhkan dalam mengontrol tekanan darah seseorang. Dengan menerapkan hidup sehat juga sebuah usaha yang tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Langkah-langkah tersebut seperti menghindari asupan garam atau natrium pada setiap makanan Anda. Batasi asupan makanan Anda, jangan sampai melebihi batas yang ditetapkan yaitu 2.500mg. Kandungan garam dapat Anda temukan pada makanan yang Anda ketahui ditambahkan saat memasak, atau garam yang Anda tidak ketahui seperti pada makanan ringan, minuman, dan sebagainya.

Selain itu, langkah selanjutnya untuk mencegah terjadinya hipertensi yaitu dengan cara berolahraga secara teratur setiap hari. Olahraga yang baik untuk Anda yang sudah berusia diatas 30 tahun, harus dikonsiltasikan kepada dokter, apa olahraga yang cocok untuk Anda. Jika dalam usia tersebut sudah terdiagnosa hipertensi, Anda juga harus rutin meminum Amlodipin dan berolahraga secara teratur.

Hindari Stres

Hindarilah stres dan tidur larut malam supaya tekanan darah Anda tetap teratur. Selain itu, hindari juga kopi, alcohol dan juga rokok. Jika Anda masih suka nongkrong bersama dengan teman-teman, berikanlah pengertian kepada teman Anda bahwa Anda harus menghindari itu semua. Anda harus dapat mengelola semua itu, jika tidak dapat mengelolanya dengan baik kemungkinan terburuk adalah tensi darah Anda akan terus meningkat. Jika demikian, obat amlodipine untuk menurunkan tekanan darah Anda dosisnya akan dinaikkan setahap demi setahap.

Berikan Tubuh Nutrisi yang Baik

Berikanlah kepada tubuh Anda suatu nutrisi yang baik seperti memberikannya makanan yang bergizi dan buah-buahan yang sehat. Pilihlah buah-buahan yang nature,  atau alami jangan buah-buahan yang diawetkan. Dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya mineral tertentu dapat menurunkan tekanan darah Anda. Dengan bantuan gizi yang baik serta buah-buahan yang baik Anda bisa saja terlepas dari kewajiban Anda untuk tetap mengonsumsi Amlodipin setiap hari.

Related posts