Mengenal Potensi Heat Pump Indonesia

  • Whatsapp
Mengenal Potensi Heat Pump Indonesia

Mungkin bagi sebagian orang, eksistensi dari tiap jenis pemanas air tidak semuanya diketahui. Seperti misalnya istilah heat pump atau pompa panas, mungkin kata tersebut terdengar cukup asing di telinga kita meski kita mengetahui artinya. Namun tahukah Anda jika heat pump merupakan varian dari pemanas air? Heat pump merupakan sebuah sistem yang dikembangkan pada perangkat pemanas air untuk dapat menghasilkan air hangat dengan memanfaatkan udara panas di lingkungan sekitar. Heat pump sendiri sudah banyak digunakan di Indonesia, mulai dari rumah tangga, bangunan komersil, dan bahkan untuk kolam renang sekalipun. Untuk itu, mari kita mengenal lebih dalam segala hal yang berkaitan dengan heat pump Indonesia.

Jenis Jenis Heat Pump Yang Dikenal di Indonesia

Heat pump yang beredar di Indonesia sudah tersedia dalam beberapa jenis seperti misalnya heat pump sistem gantung, heat pump floor standing, heat pump komersial, dan heat pump untuk kolam renang. Sesuai namanya heat pump sistem gantung memiliki cara pemasangan yang tidak menyulitkan karena cukup dengan digantung di tempat yang sudah dipilih. Heat pump tipe ini terkenal memiliki kemudahan dalam hal pemasangan. Selain itu, jenis heat pump ini juga dikenal akan keramahan terhadap lingkungan dan tingkat efisiensi energi yang tinggi. Oleh karenanya, jika Anda merupakan seseorang yang peduli lingkungan dan penghematan energi, maka heat pump jenis ini sangat cocok untuk Anda.

Kemudian jenis heat pump berikutnya adalah floor standing. Heat pump jenis ini juga memiliki keuntungan dalam hal pemasangan karena cukup diletakkan di tempat sudah kita siapkan. Namun perlu diperhatikan, bahwa tempat dari heat pump ini harus benar-benar direncanakan karena ukuran dari heat pump ini cukup tinggi sehingga mungkin saja perangkat pemanas air ini tidak muat pada beberapa bagian di rumah. Tak hanya heat pump sistem gantung, heat pump floor standing juga dikenal akan keramahannya terhadap lingkungan dan kinerjanya yang sangat halus hingga tidak menimbulkan suara bising. Selain itu jenis heat pump ini mampu memberi kita kemudahan dalam pengoperasiannya dan bekerja maksimal pada tingkat efisiensi energi yang tinggi.

Jenis heat pump berikutnya adalah heat pump komersial, dimana jenis pemanas air ini memiliki keunggulan dari segi pemasangannya yang cukup sederhana. Desain dan kualitas dari heat pump jenis ini umumnya sangat compact dan kokoh karena biasanya difungsikan untuk penempatan di luar ruangan. Tidak kalah dari dua jenis heat pump sebelumnya, efisiensi energi dari heat pump ini sudah tidak perlu diragukan lagi karena beberapa tipe yang beredar di pasaran telah menyandang label C.O.P 4, sebagai ukuran tingkat efisiensi pompa panas. Meski memiliki perawakan yang cukup besar, jenis heat pump ini dapat bekerja dengan sangat halus dan hal ini juga menjadi kelebihan dari heat pump komersial dibanding tipe standar yang lainnya.

Untuk jenis heat pump yang terakhir, sesuai namanya yaitu heat pump kolam renang memang dibuat untuk kebutuhan air hangat dalam kolam renang. Fasilitas ini dapat Anda temukan umumnya di hotel, resort, dan fitness centre. Tidak menutup kemungkinan apabila Anda berniat menggunakannya di kolam renang pribadi Anda, karena heat pump jenis ini dapat diaplikasikan dalam kolam renang skala kecil maupun besar. Untuk urusan efisiensi energi, jangan kuatir karena heat pump kolam renang yang beredar di Indonesia pada umumnya sudah menyandang label C.O.P 4 yang artinya sangat efisien dalam hal konsumsi energi.

Sering Dilihat Namun Jarang Dikenal

Dengan membaca ulasan di atas, kita tak dapat lagi meragukan eksistensi dan kemampuan heat pump Indonesia. Anda mungkin sudah sering melihat jenis pemanas air ini di tempat-tempat umum, hanya saja Anda belum memahaminya bahwa alat tersebut merupakan perangkat pemanas air bernama heat pump. Artinya dari segi eksistensi, sebenarnya keberadaan heat pump sudah ada sejak lama, jauh sebelum Anda memahami tentang jenis-jenis pemanas air. Soal kemampuan, heat pump yang beredar di Indonesia juga tidak perlu diragukan, karena jenis pemanas air ini sudah teruji akan keramahannya terhadap lingkungan dan efisiensi energi yang sangat signifikan sejauh ini. Beberapa tipe bahkan dapat menghasilkan air panas atau hangat dalam jumlah besar namun tanpa menimbulkan suara bising.

Yang jadi pertanyaan adalah, apakah Anda sudah mengetahui heat pump jenis apa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Lalu jika pertanyaan tersebut telah terjawab, pertanyaan berikutnya adalah sudahkah Anda memilih merk yang tepat untuk mencukupi kebutuhan Anda dalam rumah tangga maupun fasilitas publik? Pastikan Anda mempercayakan kebutuhan air hangat Anda kepada merk yang telah melalui proses sedemikian panjang hingga dapat menciptakan pemanas air yang berkualitas, efisien dalam konsumsi energi, dan memiliki daya tahan paling lama di kelasnya. Namun di atas segala hal tentu ada faktor keamanan dan keselamatan yang harus menjadi pertimbangan utama Anda dalam memilih heat pump, baik itu untuk keperluan pribadi maupun untuk publik.  Hilangkan semua kekhawatiran dengan memilih merk yang sudah kompeten di bidangnya, tak perlu ragu lagi karena heat pump Ariston sudah terbukti kualitasnya.

Related posts