Mengkonsumsi Air Minum Berkualitas Sebelum Tidur Hadirkan Manfaat Ini

  • Whatsapp
Mengkonsumsi Air Minum Berkualitas Sebelum Tidur Hadirkan Manfaat Ini

Anda perlu minum air setiap hari agar tubuh Anda berfungsi dengan baik. Sepanjang hari – dan saat tidur – Anda kehilangan air karena bernafas, berkeringat, dan buang air besar dari sistem pencernaan.

Beberapa orang minum segelas air sebelum tidur agar tetap terhidrasi sepanjang malam. Tetapi seiring bertambahnya usia, mereka juga mungkin menderita kondisi yang membuat harus bangun untuk pergi ke kamar mandi lebih mungkin.

Kandung kemih yang terlalu aktif, diabetes, dan bahkan obat-obatan tertentu semua dapat memiliki efek membuat orang perlu menggunakan toilet di malam hari. Karena itu, mungkin sebaiknya Anda mengkonsumsi segelas air minum terakhir Anda setidaknya tiga jam sebelum tidur. (1)

Minum air sebelum tidur dapat meningkatkan jumlah waktu yang Anda butuhkan untuk buang air kecil di malam hari.

Output urin Anda berkurang di malam hari, memungkinkan Anda tidur enam hingga delapan jam tanpa gangguan. Minum satu atau dua gelas air sebelum tidur dapat mengubah siklus ini.

Kurang tidur juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda. Kurang tidur dapat mempengaruhi potensi seseorang untuk berkembang:

  • tekanan darah tinggi
  • kadar kolesterol tinggi
  • pertambahan berat badan

Menurut National Sleep Foundation, sebuah penelitian menemukan orang dewasa berusia 45 tahun dan lebih tua yang tidur kurang dari enam jam pada malam hari berisiko lebih tinggi mengalami stroke atau serangan jantung. (2)

Usia juga dapat berperan dalam siklus tidur dan kencing Anda. Semakin tua Anda, semakin besar kemungkinan Anda mengalami kandung kemih yang terlalu aktif.

Ini bisa terkait dengan kondisi medis yang dapat mempengaruhi fungsi kandung kemih, seperti menurunnya fungsi kognitif karena demensia, atau stroke yang akan menyulitkan otak Anda untuk mengkomunikasikan sinyal ke kandung kemih Anda.  Diabetes mellitus dan hipertrofi prostat jinak juga dapat mempengaruhi fungsi kandung kemih Anda.

Nah, agar semakin sehat, minumlah air minum berkualitas sebelum tidur. Karena selain menyehatkan fisik kita, juga menyehatkan kesehatan mental. Berikut adalah penjelasannya.

  • Memperbaiki suasana hati

Menurut sebuah studi, kekurangan air dapat mempengaruhi suasana hati Anda secara negatif, yang dapat mempengaruhi siklus tidur-bangun Anda secara keseluruhan.

Studi ini meneliti total 52 subjek asupan volume cairan tinggi (22) dan rendah (30). Orang yang biasanya minum banyak air tidak setenang dan tidak merasakan banyak emosi positif ketika mereka tidak bisa minum sebanyak yang biasa mereka lakukan. (2)

Mereka dengan asupan cairan rendah menunjukkan peningkatan emosi, kepuasan, dan ketenangan positif ketika mereka meningkatkan asupan air.

  • ¬†Sebagai detoksifikasi alami

Air minum – khususnya air panas atau hangat – adalah salah satu cara alami untuk membantu detoksifikasi tubuh dan meningkatkan pencernaan.

Air hangat meningkatkan sirkulasi darah, membantu tubuh Anda untuk dapat memecah limbah, dan meningkatkan keluaran keringat. Berkeringat akan menyebabkan Anda kehilangan beberapa cairan sepanjang malam, tetapi juga akan menghilangkan kelebihan garam atau racun dan membersihkan sel-sel kulit.

Minum air hangat sebelum tidur akan membuat Anda terhidrasi sepanjang malam dan dapat membantu tubuh untuk membersihkan diri dari racun yang tidak diinginkan. Mungkin juga membantu meredakan rasa sakit atau kram di perut. (2)

Itulah tadi beberapa manfaat air minum berkualitas dan hubungannya ketika dikonsumsi sebelum tidur. Untuk air minum berkualitas selalu pilihlah AQUA, karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya.

AQUA juga terpercaya lebih dari 45 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silika, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.

Source:

  1. https://www.sleepadvisor.org/drinking-water-before-bed/
  2. https://www.healthline.com/health/drinking-water-before-bed#positive-effects

Related posts