Obligasi Ritel Indonesia serta Cara Investasinya di digibank

  • Whatsapp
Obligasi Ritel Indonesia

Investasi menjadi salah satu kegiatan yang dipilih banyak orang, terutama di tengah masa pandemi yang sulit bergerak. Dengan dukungan era digital yang semakin mencuat, membuat investasi mudah dilakukan. Salah satunya melalui digibank by DBS. Banyak pilihan investasi yang disuguhkan salah satunya Obligasi Ritel Indonesia.

Namun, di samping itu, minat yang tinggi kerap tidak dibarengi dengan pengetahuan yang mendalam. Hal inilah salah satu faktor yang bisa membuat seseorang gagal berinvestasi. Maka dari itu, Anda wajib mendalami pengetahuan obligasi ritel Indonesia sebelum melakukan investasi serta cara berinvestasi secara tepat. Ini penjelasannya untuk Anda!

Sekilas Tentang Obligasi Pemerintah

Mari perdalam terlebih dahulu obligasi pemerintah, salah satunya terdapat obligasi ritel Indonesia. Sebuah instrumen berharga yang ditawarkan pada individu melalui mitra distribusi Pasar Perdana.

Jenis obligasi ritel Indonesia ini memiliki karakteristik yang khas. Di antara karakteristik yang melekat yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki bentuk tanpa warkat atau scripless
  • Dapat diperdagangkan pada setiap investor domestik
  • Memiliki kupon tetap
  • Berpotensi capital gain/ loss
  • Pembelian min. 1 juta rupiah dan maks. 3 milyar rupiah.

Jenis Obligasi Pemerintah di Indonesia

Obligasi tidak bisa diterbitkan secara sembarangan. Dalam hal ini terdapat beberapa pihak berkuasa baik dari individu, korporasi, pemerintah dan semacamnya. Adapun obligasi pemerintah dikeluarkan oleh pemerintah negara tertentu. Penerbitannya dilakukan melalui mata uang negara tersebut.

Untuk negara Indonesia, terdapat beberapa jenis obligasi pemerintah yang diakui, diantaranya Obligasi Negara Ritel Indonesia, Sukuk Ritel, Saving Bond Ritel dan Sukuk Negara Tabungan. Setiap jenis obligasi akan bekerja sama dengan agen resmi penjual obligasi.

Kondisi Indonesia pada saat pandemi tentunya jauh dari biasa. Hal inilah yang membuat pemerintah harus lebih teliti dan apik dalam mengelola APBN. Setiap biaya yang digunakan harus dipastikan untuk kegiatan yang produktif.

Adapun obligasi yang dikeluarkan pemerintah yaitu seri ORI019. Hal ini menjadi salah satu solusi untuk public agar bisa kembali memulihkan ekonomi serta bergotong royong dalam pembangunan nasional pasca pandemi.

Penerbitan ORI019 cukup menarik antusias para investor. Setiap dana yang diperoleh dari penerbitan seri terbaru ini digunakan dalam menangani pemulihan yang terdampak pandemi.

Keuntungan Obligasi Pemerintah

Melakukan investasi melalui obligasi pemerintah, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Hal ini tentunya bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk Anda sebelum berinvestasi. Adapun keuntungannya yaitu:

  • Obligasi Pemerintah termasuk jenis investasi yang bebas risiko
  • Umumnya memiliki jangka waktu 1-10 tahun
  • Selama kurun waktu yang ditentukan, Anda akan mendapatkan keuntungan dengan bunga yang sesuai negosiasi awal
  • Baik yang berutang atau pun pihak yang berpiutang sama-sama mendapatkan keuntungan
  • Memiliki kepercayaan publik yang baik
  • Kupon dengan bunga tetap hingga batas waktu yang telah ditentukan
  • Dapat dipinjamkan atau pun dijaminkan pada pihak lainnya
  • Jaminan pengembalian dana diatur secara resmi dalam UU No. 24 Tahun 2002
  • Setiap investor berkesempatan untuk memberikan dukungan dalam pembangunan nasional
  • Investasi yang berguna bagi nusa dan bangsa

Cara Investasi Obligasi di digibank

Apakah Anda tertarik untuk melakukan investasi jenis obligasi pemerintah? Anda bisa melakukannya dengan mudah. Hal ini bisa dilakukan secara fleksibel dengan menyesuaikan waktu luang Anda. Alternatif mudahnya bisa dilakukan melalui digibank, caranya:

1. Pendaftaran

Sebagai calon investor, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pada tahapan ini, Anda diharuskan memasukkan data berupa informasi data diri secara lengkap dan SID. Nomor yang digunakan untuk identifikasi. SID diterbitkan oleh KSEI. Umumnya dibuat secara unik dan privat. SID akan dibutuhkan dalam transaksi obligasi.

Untuk mendapatkan nomor SID, Anda bisa login di digibank by DBS. Pilih menu “Investasi”, lalu arahkan pada pilihan “Buat Sekarang”. Masukkan data diri sesuai kebutuhan, setelah memahami setiap syarat dan ketentuannya, klik tombol “Setuju”. Nomor SID pun akan dikonfirmasikan melalui email Anda.

2. Pemesanan

Selanjutnya, lakukan pemesanan. Bukalah aplikasi digibank by DBS, lalu arahkan pada menu “Obligasi”. Pilihlah jenis obligasi yang ingin Anda pesan. Akan muncul informasi obligasi terpilih secara detail dan pilihlah seri yang ingin dibeli.

Selain itu, pastikan Anda menginput nominal yang ingin dipesan. Tap menu “Pesan” dan lakukan konfirmasi pada halaman yang tersedia. Bacalah syarat dan ketentuannya secara tepat. Selanjutnya, klik “Setuju” untuk melangkah pada tahapan berikutnya.

3. Pembayaran

Jika obligasi berhasil dipesan, selanjutnya lakukan pembayaran. Hal ini bisa dilakukan secara mudah dengan saldo yang tersedia di menu digibank savings. Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer, maksimal 3 jam setelah memesan.

Setelah pembayaran berhasil dilakukan, Anda pun resmi menjadi investor. Hal ini bisa dilakukan secara mudah, terutama dengan adanya layanan yang diberikan digibank by DBS. Setiap nasabahnya akan dibantu tahap demi tahap yang harus dilakukan.

Melalui tiga tahapan tersebut, Anda pun sah menjadi seorang investor. Tertarik untuk membeli obligasi ritel Indonesia? Anda bisa mewujudkannya dengan dukungan aplikasi digibank by DBS. Pembelian minimalnya pun dipatok dengan harga yang terjangkau.

Gunakan aplikasinya dengan setepat mungkin, sehingga Anda pun bisa meraih banyak manfaat dari digibank by DBS. Suguhan fiturnya beragam bak sajian lengkap investasi ala rumah Padang.

Setiap fitur yang disajikan digital banking dari digibank by DBS memudahkan Anda untuk bertransaksi termasuk untuk proses transaksi investasi. Transfer dalam negeri, valas, menabung hingga pengembangan dana dalam bentuk deposito dan obligasi, digital banking ini bisa menjadi solusi untuk bertransaksi secara praktis dan fleksibel.

Demikianlah ulasan terkait obligasi ritel Indonesia, jenis hingga caranya berinvestasi melalui digibank. Pastikan memilih investasi secara tepat, untuk menjaga finansial Anda tetap aman. Hal ini bisa dilakukan dengan konsul pada ahli finansial yang profesional.

Related posts