Pengertian Interaksi Sosial

  • Whatsapp
Interaksi Sosial

Mungkin kita sudah sering mendengar istilah interaksi sosial diucapkan. Namun yang mengetahui pengertian interaksi sosial tentu bisa dihitung dengan jari. Yang mengetahui arti dari istilah ini mungkin para mahasiswa dan sebagian ahli sosial saja.

Karena itu di bawah ini akan dijelaskan pengertian interaksi sosial. Harapannya semoga apa yang dijelaskan bisa menjadi tambahan informasi yang bagus. Untuk itu silakan disimak ini penjelasan selengkapnya:

Pengertian Interaksi Sosial

Pengertian interaksi sosial dibedakan menjadi dua dasar pengambilan, yaitu pengertian secara umum dan pengertian menurut para ahli. Dari dua analisis inilah bisa diambil konklusi pengertian yang lebih utuh. Untuk itu silakan simak ini penjelasannya:

Pengertian Secara Umum

Secara umum pengertian interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu lain. Hubungan yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Jika membaca pengertian ini maka semua orang pasti melakukan interaksi sosial.

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Ada banyak ahli yang merumuskan pengertian interaksi sosial. Sebagiannya akan dijabarkan di bawah. Termasuk pengertian menurut Broom dan Homans. Ini ulasan selengkapnya yang telah dilansir dari situs terpercaya Cryptowi.com:

1. Pengertian Menurut Broom

Broom menyampaikan pengertian interaksi sosial adalah proses sadar kalau ada orang yang membutuhkan respon orang lain. Respon ini berjalan timbal balik yang berlaku terus menerus di sepanjang peradaban manusia. Ahli ini ingin mengatakan kalau semua orang tidak mungkin hidup tanpa adanya tindakan bantuan dari orang lain.

2. Pengertian Menurut Homans

Homans memiliki pandangan lain. Menurutnya, interaksi sosial adalah proses alami di dalam kehidupan yang menunjukkan kebutuhan seseorang terhadap orang lain. Dari aktivitas tersebut akan muncul respon yang berupa punishment (hukuman) dan reward (penghargaan).

3. Pengertian Menurut Bonner

Sedangkan menurut Bonner, interaksi sosial adalah hubungan dua orang atau lebih yang semua individu yang terlibat akan berusaha untuk menguban kehidupannya melalui aktivitas tersebut. Hubungan yang didasari ketentuan atau aturan-aturan sosial yang mengikat dan memaksa. Jika ada ketentuan yang dilanggar, maka individu akan mendapatkan teguran dan pandangan negatif secara sosial.

Syarat Interaksi Sosial

Setelah mengetahui pengertian interaksi sosial berikut dijelaskan syarat interaksi sosial. Uraian faktor utama penyebab terjadinya interaksi antar masyarakat. Atas dasar itu, maka di bawah dirilis syarat-syarat yang dimaksud:

1. Kontak Sosial

Kontak sosial merupakan aktivitas seseorang di dalam melakukan proses interaksi. Aktivitas yang dimaksud tidak semata kontak lisan, tetapi juga kontak via media seperti interaksi via handpone dan surat. Ini juga masuk ke dalam kontak sosial.

2. Komunikasi

Syarat terjadinya interaksi sosial yang kedua adalah komunikasi. Ini merupakan syarat penting karena tanpa komunikasi interaksi tidak akan berjalan. Jika pun ada informasi, tetapi informasi tersebut tidak akan tersampaikan ke masyarakat.

Di dalam komunikasi ada gestur, perilaku dan perasaan yang menjadi penunjang interaksi. Dengannya terlihat jelas informasi jenis apa yang disampaikan. Lawan interaksi juga bisa merespon interaksi dengan tepat dan jelas.

Ciri-ciri Interaksi Sosial

Interaksi sosial memiliki ciri-ciri tertentu. Ini yang membedakannya dengan mobilitas sosial maupun konflik sosial. Agar lebih jelas silakan disimak ciri-ciri yang dimaksud:

  • Pelaku interaksi lebih dari satu orang agar terjadi aksi dan reaksi.
  • Terdapat komunikasi dengan memakai simbol-simbol bahasa tertentu demi tujuan penyampaian informasi agar berjalan lancar.
  • Terdapat dimensi waktu yang membatasi interaksi
  • Adanya tujuan yang ingin dicapai

Jika ciri-ciri di atas ada dalam sebuah aktivitas antar individu, berarti individu tersebut sedang melakukan proses interaksi sosial. Ada hubungan aksi dan reaksi yang terjadi supaya pertukaran informasi yang muncul berjalan dengan baik dan lancar.

Jika mencermati narasi di atas, interaksi sosial merupakan proses hubungan yang pasti dialami oleh seluruh manusia. Sebaliknya, tanpa interaksi dipastikan manusia tidak bisa hidup dengan nyaman. Artinya, individu tetap membutuhkan individu yang lain.

Lantas masihkah ada insan yang menjunjung tinggi egosentris dan jiwa ke-akuan! Bukankah masih ada masyarakat lain yang patut dihormati! Maka dari itu, tetap jaga kerukunan antar masyarakat dengan senantiasa membangun interaksi yang baik sesuai  yang dijelaskan di atas.

Related posts