Pentingnya Rehabilitasi Narkoba untuk Proses Pemulihan

  • Whatsapp

Rehabilitasi narkoba adalah sebuah langkah atau cara dalam memulihkan ketergantungan terhadap narkoba itu sendiri. Proses pengobatannya memiliki beberapa tahapan serta metode. Perihal waktu penyembuhan tentu sangat bergantung berapa lama penggunaan narkoba.

Pentingnya Rehabilitasi Narkoba Menurut Para Ahli

Jika bicara mengenai rehabilitasi, maka akan ada banyak definisi yang mewakili orang-orang ahli dibidangnya. Meskipun begitu, tentu hal tersebut memiliki makna yang tak berbeda pada intinya. Berikut beberapa pengertian rehabilitasi narkoba menurut para ahli.

  1. Menurut Undang-Undang

Rehabilitasi menurut undang-undang adalah sebuah hak bagi seseorang untuk memulihkan kondisi kembali normal sesuai peraturan pengadilan. Dalam hal ini begitu pula pada kasus pecandu narkoba. Dimana bagi para pengguna aktif bisa mendapatkan haknya agar pulih.

Hal ini pun telah diatur olah UUD pasal 1 Ayat 22 KUHP. Bahwasanya rehabilitasi narkoba adalah sebuah langkah guna memulihkan kondisi penyalahgunaan narkotika dibawah pengawasan pihak terkait. Mulai dari secara mental, sosial hingga kesehatan orang tersebut.

  1. Menurut Departemen Sosial

Jika merunut pada pernyataan departemen sosial, maka rehabilitasi adalah sebuah langkah refungsionalisasi serta pengembangan. Dalam hal ini yaitu memulihkan kembali kondisi pengguna narkoba ke situasi normal. Dimana tentunya terlepas dari ketergantungan.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk memfungsikan kembali sebagaimana mestinya melalui berbagai macam tahapan. Seperti pada kasus pecandu narkoba dimana pasien rehabilitasi mendapatkan penanganan khusus. Dimulai dari pengawasan, pengobatan hingga pulih.

  1. Menurut Banja

Menurut Banja, rehabilitasi narkoba jakarta  sebuah proses atau program holistik serta terpadu yang didasari intervensi keadaan atau kondisi. Pada kasus ini yaitu menangani para pengguna narkoba agar bisa terlepas dari masalah. Hal ini berupa tindakan medis dan Psiko.

Selama proses pemulihan pasien tetap diberdayakan sebagaiman mestinya tanpa harus mengadili atas perilaku. Tujuannya berfokus pada pemulihan atas ketergantungan narkotika dengan berbagai macam jenis. Metode yang digunakan pun dilakukan oleh para ahli.

  1. Menurut Soewito

Menurut Soewito, rehabilitasi adalah sebuah upaya dengan berbagai macam cara agar bisa menemukan solusi dalam hal ini pemulihan. Bagi para pecandu narkoba harus mengikut beberapa tahapan. Tentunya dilakukan atas dasar rujukan medis dan seluruh para ahli.

Rehabilitasi adalah sebuah konsep pemulihan yang telah memiliki sistem ataupun metode guna berlangsungnya proses. Pada kasus penyalahgunaan narkoba sendiri, cara ini dianggap sangat efisien. Tentu semuanya dilakukan dengan metode media, baik mental ataupun fisik.

  1. Menurut Renwick

Menurut Renwick, Rehabilitasi adalah sebuah usaha memfungsikan kembali hal-hal yang menjadi non-fungsi akibat suatu kejadian. Jika dikaitkan pada kasus penyalahgunaan narkoba, maka cukup relevan. Karena yang dimaksudkan ialah memulihkan kondisi penggunanya.

Memulihkan kondisi pengguna narkoba dalam artian menghentikan kondisi tersebut dimana membuat seseorang menjadi kacau. Seperti yang diketahui bahwa narkoba adalah salah satu zat yang sangat berbahaya. Sehingga dampaknya akan memengaruhi berbagai macam hal.

  1. Menurut Friedrick

Tidak begitu berbeda, menurut friedrick rehabilitasi adalah sebuah program guna menyembuhkan seseorang dari suatu keluhan. Dalam hal ini keluhan tersebut merujuk pada penyalahgunaan narkoba. Dimana menimbulkan berbagai efek samping bagi kesehatan.

Untuk pemulihannya maka dibutuhkan penanganan khusus yaitu rehabilitasi. Metode yang ada didalamnya merupakan berbagai macam cara yang dibentuk oleh para ahli medis. Tak hanya itu saja, cara ini dianggap sangat efektif guna memuliakan para pecandu narkoba.

Jadi kesimpulannya ialah, rehabilitasi narkoba adalah salah satu upaya terbaik dalam menyembuhkan pengguna aktif obat-obatan terlarang. Selain itu, langkah ini pun sebagai bentuk penekanan angka penyalahgunaan narkotika. Mengingat saat ini angkanya tinggi.

Related posts