Sesak nafas, atau dispnea, adalah kondisi tidak nyaman yang membuatnya sulit untuk mendapatkan udara sepenuhnya ke paru-paru Anda. Masalah dengan jantung dan paru-paru bisa membahayakan pernapasan Anda.

Beberapa orang mungkin mengalami sesak napas tiba-tiba dalam waktu singkat. Orang lain mungkin mengalaminya dalam jangka panjang beberapa minggu atau lebih. Jika sesak napas Anda bukan disebabkan oleh darurat medis, Anda dapat mencoba beberapa jenis perawatan di rumah yang efektif membantu meringankan kondisi ini dan Anda harus Tanya Dokter terlebih dulu..

Banyak hanya melibatkan perubahan posisi, yang dapat membantu rileks tubuh dan saluran udara Anda. Berikut adalah sembilan perawatan di rumah yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi sesak napas:

Bernafas-bibir bernafas

Ini adalah cara sederhana untuk mengendalikan sesak napas. Ini membantu memperlambat laju pernapasan Anda, yang membuat setiap napas lebih dalam dan lebih efektif. Ini juga membantu melepaskan udara yang terperangkap di paru-paru Anda. Ini dapat digunakan kapan saja Anda mengalami sesak napas, terutama selama bagian yang sulit dari suatu kegiatan, seperti menekuk, mengangkat benda, atau menaiki tangga.

Untuk melakukan pernapasan bernafas:

  • Relakskan otot leher dan bahu Anda.
  • Tarik napas perlahan melalui hidung selama dua hitungan, tutup mulut.
  • Tempelkan bibir Anda seolah-olah Anda akan bersiul.
  • Tarik napas perlahan dan lembut melalui bibir yang mengerut sampai hitungan ke empat.

Duduk maju

Beristirahat sambil duduk dapat membantu merilekskan tubuh Anda dan membuat pernapasan lebih mudah. Duduk di kursi dengan kaki rata di lantai, condongkan dada sedikit ke depan. Letakkan siku di atas lutut dengan lembut atau pegang dagu dengan tangan. Ingatlah untuk menjaga otot leher dan bahu Anda tetap rileks.

Duduk maju didukung oleh tabel

  • Jika Anda memiliki kursi dan meja untuk digunakan, Anda mungkin mendapati posisi duduk ini sedikit lebih nyaman untuk mengatur napas.
  • Duduk di kursi dengan kaki rata di lantai, menghadap ke meja.
  • Condongkan dada Anda sedikit ke depan dan letakkan tangan Anda di atas meja.
  • Letakkan kepala Anda di lengan bawah atau di atas bantal.

Bagaimana Perawatan Rumah Terbaik untuk Sesak Napas dengan Layanan SehatQ.com?

Berdiri dengan punggung yang didukung

  • Berdiri juga dapat membantu merilekskan tubuh dan saluran udara Anda.
  • Berdirilah di dekat dinding, hadap jauh, dan letakkan pinggul di dinding.
  • Pisahkan kedua kaki selebar bahu, dan letakkan kedua tangan di paha.
  • Dengan bahu Anda rileks, condongkan tubuh sedikit ke depan, dan gantungkan lengan Anda di depan Anda.

Tidur dalam posisi santai

Banyak orang mengalami sesak napas saat tidur. Ini dapat menyebabkan Anda sering terbangun, yang dapat mengurangi kualitas dan durasi tidur Anda.

Cobalah berbaring miring dengan bantal di antara kaki dan kepala Anda ditinggikan oleh bantal, jaga agar punggung Anda tetap lurus. Atau berbaring telentang dengan kepala ditinggikan dan lutut ditekuk, dengan bantal di bawah lutut. Mintalah dokter Anda menilai Anda untuk sleep apnea , dan gunakan mesin CPAP jika direkomendasikan.

Perubahan gaya hidup untuk mengobati sesak napas

Ada banyak kemungkinan penyebab sesak napas, beberapa di antaranya serius dan memerlukan perawatan medis darurat. Kasus yang tidak terlalu serius dapat ditangani di rumah. Demikianlah Artikel tentang Perawatan Rumah Terbaik untuk Sesak Napas SehatQ.com semoga bermanfaat, Terima kasih.