Apa yang dibayangkan jika Anda mengunjungi dokter gigi? Menambal gigi yang berlubang? mencabut gigi? atau memasang behel dan membetulkan bagian gigi yang kurang rapi? Ternyata untuk melakukan semua itu, Anda tak cukup untuk mendatangi seorang dokter gigi saja. Dokter gigi memiliki spesialisasinya tersendiri yang jumlahnya hingga 8 spesialis. Salah satunya adalah dokter spesialis kosmetik gigi yang memiliki keahlian untuk melakukan rekonstruksi gigi dengan tujuan estetika. Apa saja perawatan yang bisa dilakukan oleh dokter spesialis gigi untuk tujuan estetika? Berikut ini jawabannya:

  • Root canal treatment.

Merupakan treatment yang dilakukan untuk mengatasi masalah gigi dan syaraf. Treatment ini dilakukan pada pasien yang memiliki keluhan sakit gigi akibat syaraf terganggu. Dokter akan mencabut gusi untuk kemudian mematikan syaraf yang bermasalah, lalu mengembalikan gigi kembali setelah dilakukan penambalan.

  • Teeth whitening.

Bagi Anda yang ingin memiliki gigi lebih putih, Anda bisa melakukan treatment ini di dokter gigi. Ada dua metode yang bisa dilakukan yaitu In Office Whitening yang menggunakan hydrogen peroxyda dan Carbamide Peroxyda untuk memutihkan gigi dengan lebih cepat dan metode Over The Counter Whitening System dimana pasien diberikan tooth gel atau mouth wash yang memiliki khasiat untuk memutihkan gigi secara bertahap.

  • Veneer.

Anda ingin memiliki gigi kelinci? Treatment inilah yang akan dilakukan oleh dokter gigi. Metode ini akan menipiskan email gigi terlebih dahulu sebelum menempelkan veneer pada gigi. Veneer sendiri terbuat dari porselen yang bahannya di import dari luar negeri sehingga harga perawatan ini cukup mahal. Veneer juga membutuhkan perawatan berkala sehingga Anda yang menginginkannya perlu berkomitmen untuk melakukan perawatan sesuai kebutuhan.

  • Filling.

Seperti namanya, metode perawatan ini digunakan untuk menambal gigi yang berlubang dengan composite resin yang memiliki warna menyerupai gigi.

  • Dental Crown & Bridges.

Merupakan metode perawatan kosmetika gigi yang memasang bagian ujung atau mahkota gigi yang hilang atau rusak. Sifat pemasangan ini adalah permanen sehingga bagian baru tidak akan lepas seiring dengan masa penggunaan. Sedangkan bridges merupakan metode pemberian isi apabila terdapat jarak pada gigi.

  • Braces.

Braces dikenal juga dengan nama behel yaitu merupakan kawat yang digunakan untuk merapikan bentuk gigi. Jika dahulu para pengguna behel akan terlihat aneh dengan kawat di giginya, sekarang ini ada jenis braces yang lebih tipis, samar dan tak terlihat sama sekali.

  • Dental jewelry.

Pernahkah Anda melihat ada berlian di gigi para selebritis dunia? itulah yang dinamakan dengan metode Dental Jewelry dimana gigi dihias dengan menyisipkan berlian atau kristal. Berlian atau kristal yang digunakan pun tak selalu memiliki warna putih atau transparan namun bisa juga berwarna sesuai dengan keinginan pasien.

  • Facelift Dentistry.

Merupakan metode yang digunakan untuk memiliki senyum yang lebih indah dengan menggabungkan beberapa metode perawatan gigi mulai dari pemutihan gigi, perataan permukaan gigi, hingga mendapatkan tulang rahang yang sempurna.

Itulah beberapa treatment yang bisa dilakukan oleh dokter spesialis kosmetik gigi untuk Anda para pasien yang ingin memiliki senyum atau gigi lebih cantik dan menawan. Bisa jadi untuk melakukan metode satu dan lainnya Anda harus berganti spesialisasi gigi karena pada kedokteran gigi sendiri terdapat 8 spesialisasi yang masing-masingnya memiliki keahlian yang berbeda-beda. Sebelum berkunjung ke dokter gigi, ketahui terlebih dahulu kedelapan spesialis gigi sehingga Anda tidak salah dalam memilih dokter spesialis.