Banyaknya tempat sewa bus murah di Jakarta, membuat masing-masing penyedia berlomba untuk memberikan fasilitas terbaik. Salah satunya dengan menyediakan Wifi untuk penumpang. Tujuannya sih agar penumpang merasa nyaman selama kendaraan melaju di atas jalanan. Tapi, apakah penting ada atau justru hanya sekadar aksesori? Berikut faktanya.

Lebih dari 90% Penumpang Menginginkan Akses Internet Gratis

Penetrasi perangkat mobile di Indonesia yang besar-besaran turut mempengaruhi kebiasaan para turis domestik maupun mancanegara. Saat menggunakan jasa sewa bus pariwisata di Jakarta misalnya, banyak yang mengeluh gara-gara kehilangan sinyal. Khususnya ketika menyambangi tempat-tempat tertentu yang memang tak terjangkau jaringan apa pun.

Padahal, keinginan untuk selfie dan share foto ke akun media sosial begitu tinggi. Komunikasi jarak jauh saat ini juga sudah mulai melupakan cara lama seperti lewat SMS atau telepon. Para pengguna gadget lebih suka chatting atau video call via media sosial. Perubahan perilaku ini tak terhindarkan.

Maka dari itu, sebagai penyedia jasa bus pariwisata, penting untuk memberi sentuhan fasilitas pada penumpang dengan menyediakan Wifi gratis seperti yang dilakukan oleh SandHoliday. Fitur ini sangat ampuh untuk menarik minat pelancong plus pengguna gadget, khususnya kalangan muda yang masih hobi-hobinya menyalurkan ekspresi via media sosial.

Wifi Memfasilitasi Turis yang Hobi Streaming Video

Berdasarkan analisis dari Zenith, di tahun 2019 akan menjadi migrasi besar-besaran dari para penonton televisi ke medium baru, yakni streaming video via media sosial. Gejalanya sudah tumbuh sejak beberapa tahun lalu ketika ada fitur content creator di Youtube. Kemungkinan besar, media sosial lainnya juga beradaptasi dengan kebiasaan baru pengguna internet tersebut.

Jadi, apakah televisi akan punah ke depannya? Sulit jika buru-buru menilai kepunahan televisi akibat adanya streaming video. Sebab, sampai saat ini, penonton televisi masih lumayan dan didominasi oleh generasi tua. Hanya saja, sayang jika perubahan perilaku para pemuda tersebut tidak segera direspons oleh penyedia sewa bus pariwisata di Jakarta.

Soalnya, di antara para turis yang hobi streaming video, mereka juga gemar bikin vlog. Dari vlog, kemudian diunggah ke media sosial seperti Youtube untuk dikonversi menjadi pundi-pundi Dolar. Jadi, mereka yang jalan-jalan bisa dapat “senangnya” karena berhasil menyalurkan hobi sekaligus bisa kerja tanpa terikat waktu.

Wifi Bisa Terhubung dengan Banyak Perangkat Sekaligus

Tidak hanya untuk pengguna mobile, Wifi juga bisa diakses laptop atau gadget serupa. Asalkan punya kemampuan untuk mengakses jaringan internet. Katakanlah Anda naik bus bersama 18 anggota keluarga dan kerabat. Masing-masing ada yang pegang HP jadul, laptop, iPhone, dan lainnya. Kemudian berniat pergi ke tempat wisata tertentu di area seputar Jakarta.

Begitu sampai di lokasi, tiba-tiba sinyal jaringan selular hilang begitu saja. Lalu awak bus pariwisata menyampaikan kabar, bahwa bus yang Anda tumpangi tersedia Wifi gratis. Alangkah senangnya. Momen senang-senang di tempat wisata pun berlanjut dengan tukar-menukar data ke anggota keluarga di tempat jauh via layanan internet.

Sekali Lagi, Apakah Fasilitas Wifi di Bus Pariwisata Itu Penting?

Sangat-sangat penting. Itulah kenapa penyedia jasa sewa bus murah di Jakarta seperti SandHoliday memberi fasilitas tersebut. Biarpun tarif sewanya murah, tapi layanannya sangat berkelas. Bukan hanya anak muda yang menggunakan fasilitas Wifi. Para turis yang berusia di atas 40 tahun pun tak kalah gaul dan mulai banyak yang menjelajah internet.

Di SandHoliday, tarif sewa bus untuk satu hari per 19-59 seat (tempat duduk) hanya berkisar antara 950 ribu Rupiah hingga 2 juta Rupiah. Sangat worth it untuk armada bus pariwisata yang melayani perjalanan kota sekelas Jakarta. Tidak hanya jalan-jalan di tempat wisata Jakarta saja. Anda bersama rombongan juga bisa jalan-jalan ke wilayah lain dengan titik berangkat yang sama.