Tips Supaya Tidak Sering Buang Air Kecil dari SehatQ

  • Whatsapp
Sering Buang Air Kecil

Apakah kamu pernah saat enak-enak tidur malam terus tiba-tiba terbangun. Dan ternyata kamu bangun itu karena ingin pipis ataupun buang air kecil di tengah malam. Hal ini biasanya ada beberapa sebabnya. Bisa jadi kamu juga karena terlalu banyak minum saat sebelum tidur ataupun mungkin kamu merasa kedinginan.

Jadi tidak heran bila sensasi ingin buang air kecil ini juga akan semakin sering muncul dan dapat mengganggu tidur nyenyak kamu. Ada sekitar 18% remaja yang berusia 18 tahun ke atas yang mempunyai masalah overactive bladder atau OAB yang berarti kandung kemih overaktif.

Pada kondisi ini dapat menyebabkan kamu tidak bisa menahan rasa ingin buang air kecil yang bisa risiko ngompol di celana terkadang tidak bisa dihindari. Hak ini juga sering atau tidaknya buang air kecil memang tergolong relatif, hak ini karena biasanya dialami oleh lansia ataupun beberapa orang dengan masalah kesehatan tertentu.

Sehingga, hal ini juga bisa saja akan membuat tidur kamu jadi kurang nyaman.  Tapi tenang saja, berikut ini SehatQ juga akan bagikan tips yang bisa kamu lakukan sebelum tidur supaya bisa mengatasi sering buang air kecil di malam hari.

1. Membatasi minum air putih saat sebelum tidur

Ketika minum air putih sebelum tidur maka bisa membantu tidur jadi lebih nyenyak. Akan tetapi bisa jadi beda cerita jikalau kamu minum air putih terlalu banyak. Karena kebanyakan minum air putih saat sebelum tidur juga bisa buat kamu sering kencing di malam hari.

Maka dari itu minumlah sampai 2 gelas saja beberapa jam sebelum tidur supaya ada jeda waktu untuk cairan akan diproses dalam tubuh saat sebelum akhirnya menuju kandung kemih. Dengan minum air putih secukupnya, maka hasrat ingin buang air kecil bisa ditahan dan umumnya baru akan muncul sesudah kamu terbangun dari tidur di pagi hari.

2. Membatasi minuman berkafein dan juga alkohol

Hal ini juga dikatakan oleh spesialis urologi di Cleveland Clinic, dari Amerika Serikat yakni dr. Daniel Shoskes yang telah mengungkapkan bahwa mengonsumsi minuman yang berkafein misal seperti teh Ataupun kopi juga bisa mengiritasi kandung kemih.

Sehingga lama-lama, kandung kemih yang terus teriritasi bisa membuat kamu tidak bisa menahan rasa ingin buang air kecil pada malam hari. Hal ini juga sama halnya jika kamu sering minum alkohol saat sebelum tidur. Hal ini karena alkohol dapat menekan fungsi hormon antidiuretik atau ADH yang seharusnya bisa menghambat produksi urine.

Namun jika semakin banyak alkohol yang diminum, maka akan semakin berkurang juga kadar hormon ADH yang ada dalam tubuh jadi produksi urine akan sulit untuk terkendali. Untuk bisa mengatasinya, maka segeralah kurangi konsumsi teh, kopi, serta konsumsi alkohol sebelum tidur. Sehingga kamu dapat tidur lebih nyenyak tanpa harus  ingin buang air kecil di tengah malam.

3. Cek jenis obat-obatan yang telah dikonsumsi

Apakah kamu sering buang air kecil di malam hari hingga tidur tidak nyaman? Hal ini juga bisa disebabkan oleh jenis obat-obatan yang tengah kamu konsumsi. Apabila kamu baru saja minum obat darah tinggi ataupun jenis obat diuretik yang lainnya. Mungkin inilah penyebab utama dari munculnya sering terbangun untuk buang air kecil pada malam hari.

Hal ini karena obat diuretik misalnya seperti obat darah tinggi yang berfungsi untuk membantu ginjal untuk mengurangi kadar natrium yang ada ditubuh kamu. Jadi jika semakin sedikit natrium dalam darah, maka akan semakin ringan pula kerja jantung kamu untuk bisa memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Related posts