Ingin punya mobil dalam waktu dekat tapi terkendala dengan gaji yang cekak? Tak masalah. Jalan yang paling memungkinkan untuk dipilih adalah jalur kredit mobil yang dibuka oleh leasing atau bank. Biarpun gaji Anda per bulan hanya 3 juta Rupiah, masih bisa mendapatkan dengan cara menerapkan strategi berikut ini.

  • Manfaatkan Fitur Simulasi Kredit dari Brand Tertentu

Untuk menghitung berapa total cicilan per bulan untuk mobil tertentu, Anda tak perlu lagi menghitung via manual. Sekarang beberapa brand besar telah menyediakan form khusus untuk menghitung simulasi kredit mobil secara otomatis. Sebagaimana yang disediakan oleh Toyota via internet.

Dari form yang sama, Anda hanya perlu mengisi model atau tipe mobil pilihan. Nanti akan keluar sendiri total varian dari tipe mobil tersebut. Tugas Anda selanjutnya hanyalah mengisi kolom yang tersisa di bawahnya. Kemudian tekan tombol “calculate” untuk menghitung rincian biaya yang perlu Anda bayarkan selama menjalani proses cicilan tiap bulannya.

  • Sudah Tahu Angka Rata-Rata Pengeluaran per Bulan

Dengan bujet pendapatan 3 juta per bulan, tentu harus ekstra hati-hati ketika hendak mengalokasikan dana untuk beli mobil. Khususnya untuk Anda yang sudah berumah tangga dengan rincian punya anak dan istri di rumah (tidak bekerja). Beda ceritanya jika sang istri memiliki arus pendapatan sendiri. Nanti bisa patungan untuk mencicil mobil idaman Anda.

Dengan mengetahui angka rata-rata pengeluaran per bulan, maka langkah untuk mencicil mobil jadi lebih pasti. Tugas selanjutnya tinggal memikirkan bagaimana caranya mendapatkan penghasilan tambahan di luar gaji pokok per bulan. Minimal bisa digunakan untuk bantu-bantu memenuhi kebutuhan per bulannya.

  • Hindari Sikap Toleran terhadap Mobil Kelas Atas

Dengan modal gaji per bulan 3 juta Rupiah, sepertinya memang mustahil bisa beli Toyota Land Cruiser atau Toyota 86 dalam waktu dekat. Mentoknya baru bisa beli Toyota Agya, Calya, ataupun Avanza. Tak masalah. Toh kebutuhan Anda saat ini bukan untuk gaya-gayaan, bukan? Akan tetapi berdasarkan kebutuhan harian.

Sebelum pergi ke dealer ataupun bank, sebaiknya rancang dulu jauh-jauh hari terkait pilihan mobil yang hendak dibeli. Jadi, begitu pihak penyedia kredit mobil menawarkan merek dan tipe yang macam-macam, pendirian Anda tidak goyah. Ini penting, tentu saja. Sebab di antara sekian banyak pembeli, baru sedikit yang menyadari pentingnya beli mobil berdasar kebutuhan.

  • Minimal Bisa Menabung Uang Sebesar 1 Juta Rupiah

Strategi ini diperuntukkan bagi Anda yang memang serius ingin mengendarai mobil sendiri dalam waktu dekat. Sebelum melangkahkan kaki ke leasing ataupun bank, pertimbangkan lebih dulu masalah DP. Modal tabungan 1 juta per bulan pasti cukup untuk menghimpun dana yang besar dalam kurun waktu beberapa tahun. Kemudian jadikan dana tersebut untuk modal DP.

Katakanlah Anda hendak beli mobil seharga 150 juta Rupiah. Maka minimal memiliki modal DP 25%-nya dulu agar cicilan per bulan nanti lebih ringan. Caranya dengan rutin menabung 1 juta Rupiah per bulan selama kurang lebih 3 tahun secara konsisten. Setelah itu, baru putuskan untuk beli mobil idaman Anda secara kredit.

  • Rampingkan Pengeluaran per Bulan

Saat kita menginginkan sesuatu, secara otomatis harus mengorbankan hal-hal yang selama ini sudah menjadi kebiasaan. Misalnya sering pergi ke kafe hanya untuk minum kopi. Hal-hal yang kurang bermanfaat dan menguras kantong pribadi sepatutnya dihentikan lebih dulu. Gunakan waktu sisa untuk menjalani pekerjaan sampingan agar cicilan mobil terasa ringan.

Yakinkan hati Anda bahwa dalam kurun waktu yang ditentukan sudah bisa memiliki mobil sendiri. Biarpun lewat jalan kredit mobil, asalkan konsisten dengan tujuan yang dibuat, pasti berhasil. Godaan untuk menyia-nyiakan uang memang datang dari segala arah. Tapi, urusan menentukan sikap mau memilih yang mana tetap berada di tangan Anda.