Teknik Penulisan dalam Jasa Press Release yang Baik

  • Whatsapp
Jasa Press Release

Mungkin sebagian dari kalian semua ada yang sudah familiar tentang Jasa Press Release, bahkan ada juga yang belum mengetahui tentang  Jasa Press Release. Sebenernya Jasa Press Release merupakan siaran pers adalah sebuah jasa press release yang menyebarkan artikel-artikel press release (content marketing atau advertorial) terkait tentang suatu berita atau informasi sebuah produk/jasa suatu perusahaan yang berupa brand untuk disebarkan di media massa seperti majalah, Koran, radio, media situs online, dan juga televisi. Yang mana berita atau informasi tersebut disesuaikan oleh kebutuhan suatu industri perusahaan, organisasi, ataupun intuisi dalam mengiklankan produknya sesuai budget yang telah ditentukan suatu perusahaan. Isi dari artikel biasanya tergantung pada perusahaan itu sendiri ada yang berupa soft selling dan hard selling.

Saat perusahaan itu akan mengadakan launching produk tertentu, atau event tertentu, dan terkait kegiatan lainnya yang ingin dirilis atau dipublikasikan, pihak perusahaan biasanya akan mengundang beberapa media untuk membantu meliput produknya. Nah, tadi sudah dijelaskan terkait sedikit pengenalan https://www.jasapressrelease.id dan press releasenya itu sendiri. Tujuan dari sebuah perusahaan, organisasi, ataupun intuisi membuat siaran pers melalui media massa yang dapat berupa salah satu dari product press release, basic press release, atau financial press release. Suatu tulisan untuk disebarkan/dipublikasikan pada khalayak ramai ke penjuru tanah air agar informasi pemasaran produk suatu perusahaan sampai kepada mereka, maka terdapat teknik penulisan agar terlihat baik. Berikut ini adalah teknik-teknik penulisan press release.

Cari Intisari (pesan dasar)

Bagi Anda semua tentunya sebelum menuliskan ataupun penyusun naskah siaran pers, harus bisa menemukan intisari dari apa yang nantinya akan di informasikan melalui siaran pers tersebut kepada khalayak umum. Seperti menentukan temanya terlebih dahulu, yang nantinya akan di informasikan. Dan dari tema tersebut akan memudahkan mendapat judul yang masih berhubungan dengan tema itu sendiri untuk membuat siaran pers. Anda juga dapat menambahkan sub judul ketika merasa sinkronasi judul belum optimal. Sub judul berfungsi sebagai penajaman dan pengembangan dari judul utama, sub judul merupakan pemikiran dari press release dan dapat mencerminkan isi dari press release.

Judul dan sub judul yang dibuat harus dibuat semenarik mungkin. Hal ini akan menambah minat baca khalayak terkait siaran pers tertentu yang di maksud. Membuat judul menjadi menarik dengan mengikuti trend promotor saat ini, karena hal sangat membantu sekali dan banyak di cari pastinya. Akan tetapi perlu Anda perhatikan relasikan trend promotor kekiniannya dengan judul dari siaran pers yang dibuat, agar saling berhubungan.

Gunakan Metode Segitiga atau Piramida Secara Terbalik

Selanjutnya, ketika Anda sudah menemukan tema, judul, dan sub judulnya. Sekarang yang perlu Anda tentukan adalah teknik dalam penulisan press releasenya tersebut dengan menggunakan metode segitiga or piramida secara terbalik. Metode ini sering digunakan dalam karya tulis-karya tulis ilmiah dan mungkin tidak asing lagi bagi Anda. Pada bagian awal tulisan press release Anda, setelah judul utama ataupun sub judul (jika mencantumkan) isilah dengan lead (new lead). Pada bagian lead muatlah dengan kata-kata yang menjelaskan semua isi dari naskah release tersebut. Maka mereka akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Gunakan Unsur 5W+1H

Sangat penting juga memakai unsur ini, karena tulisan yang Anda buat akan jelas, terstruktur, tepat, dan benar. Ketika menyusun new lead pun, pastikan Anda menggunakan unsur 5W+1H ini. Yang terdiri dari: What (apa), When (kapan), Who (siapa), Where (di mana), Why (kenapa), dan How (Bagaimana). Dan jangan lupa gunakanlah EYD pada bahasa tulisan press release Anda.

Gunakan Ilustrasi yang Menarik

Ketika Anda menggunakan ilustrasi yang menarik, maka pembacapun akan antusias dan ingin mengetahui apa isi tulisan didalamnya.

Lakukan Pengecekan Ulang

Hal ini jangan sampai terlewatkan. Lakukan pengecekan seperti typo pada tulisan Anda ataupun ketika ada kata-kata yang kurang sesuai.

Related posts