Teknik Terbaik Menanam Semangka

  • Whatsapp
Teknik Menanam Semangka

Buah semangka termasuk salah satu buah yang mengandung banyak air dan menyegarkan selain pepaya. Buah ini terlihat sangat menggoda dengan warna merahnya yang menyejukkan mata. Untuk mendapatkan jenis buah besar satu ini yang benar-benar sesuai keinginan, pastinya ada teknik khusus sendiri.

  • Penentuan Lahan

Seperti pada istilah posisi menentukan prestasi, ternyata berlaku juga terhadap penanaman buah. Salah satunya buah ini. Karena, menanam buah jenis ini memang harus memperhatikan lahan yang sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman itu sendiri.

Yaitu, antara lain lahan yang digunakan haruslah yang mengandung hara yang sangat kaya berfungsi sebagai nutrisi bagi tanaman tersebut. Buah ini tidak terlalu sulit, karena bisa ditanam di berbagai jenis dataran tinggi maupun rendah yang terpenting di antara 0 sampai 1000 meter di atas permukaan laut.

  • Pembibitan Semangka

Setelah penentuan syarat dari lokasi lahan sudah benar-benar ditemukan yang cocok, setelah itu pastinya adalah pembibitan dari semangka tersebut. Dimana pembibitan tersebut harus memilih bibit terbaik dari yang terbaik agar hasilnya sempurna.

Selain itu, pilih jenis buah yang Anda inginkan karena jenis buah ini ada beberapa variasi. Apakah Anda ingin yang tanpa biji atau tidak masalah ada biji yang penting manis, atau bahkan pilih jenis warna yang sesuai baik merah ataupun kuning.

  • Menanam Semangka Terbaik

Selanjutnya adalah cara terbaik menanamnya, karena meskipun bibit semangka yang Anda dapatkan merupakan bibit terbaik tapi akan sia-sia jika ditanam dengan cara salah. Adapun cara menanam yang baik dan benar adalah siapkan bibit yang akan ditanam, dimana bibit tersebut sudah berumur 4 minggu.

Tanam bibit pada lahan yang sudah disediakan khusus, sebelumnya lubang tanam tersebut sudah disiram air sampai benar-benar meresap. Tujuannya untuk menjaga kelembaban tanah atau lahan dengan baik.

  • Pemeliharan Semangka

Pada bagian pemeliharaan setelah tanaman semangka sudah ditanam dengan baik, maka pemeliharaan pun harus diperhatikan. Karena, dua hal tersebut sama pentingnya.  Yang harus dilakukan adalah  penyiraman air yang rutin, dalam sehari mencapai dua kali sehari terutama memasuki musim kemarau.

Hal tersebut memang dilakukan untuk selalu menjaga kelembaban semangka itu. Karena, seperti yang diketahui kalau buah ini sangat suka area lembab. Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk selalu memberi kelembabannya dengan air yang rutin. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik, pastinya hal ini tidak boleh diabaikan.

  • Panen Maksimal

Jika memang semua hal di atas sudah berhasil dilakukan, maka Anda pasti akan melalui masa panen sesuai dengan harapan. Jika Anda sudah melakukannya dengan benar, kecil kemungkinan hasilnya tidak maksimal.

Maka ketika panen, pastinya Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal diluar dari target Anda sendiri. Perhatikan dulu beberapa cirinya, untuk mengetahui kalau tanaman Anda sudah siap panen.

Ciri-cirinya adalah beratnya sudah mencukupi, bagian daun sudah mulai layu dan bunyinya agak berat jika ditepuk. Jika semua ciri-cirinya ada maka Anda sudah siap panen buah hasil budidaya Anda. Jadi, apakah Anda berminat untuk belanja semangka di TaniHub? Ayo pilih semangka yang segar dan coba pula bertanam semangka di rumah. Biar anti ribet, langsung saja beli aneka semangka langsung jika Anda merasa menanam adalah kegiatan yang melelahkan.

Related posts