Ternyata Begini Cara Market Research untuk Facebook

  • Whatsapp
Market Research

Riset pasar perlu dilakukan bagi Anda yang akan menawarkan produk atau jasa ke pasaran. Dimana ketika mengeluarkan produk yang disukai oleh konsumen, maka perlu untuk mengetahui kemauan pasar terlebih dahulu. Anda juga dapat untuk membandingkan produk dengan saingan, sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Untuk mengetahui berbagai hal tersebut maka Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu. Hal ini akan bermanfaat untuk membuat produk yang ditawarkan lebih mengikuti kemauan oleh pasar. Selain itu riset market juga akan bermanfaat untuk menentukan cara dan metode pemasaran tepat yang efektif sesuai produk yang Anda tawarkan.

Untuk riset pasar atau market research sendiri sekarang ini dapat dilakukan dengan mudah. Dimana apabila biasanya menggunakan cara konvensional seperti wawancara, mengisi data, dan juga berbagai hal lainnya. Sekarang ini riset pasar dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan riset pasar secara online. Ada banyak jenis media yang dapat digunakan dan dipilih sebagai tempat riset pasar. Misalnya saja bagi Anda yang akan melakukan riset pasar tentu saja bisa untuk melakukannya di media sosial. Hal tersebut karena media sosial merupakan tempat yang banyak diakses oleh orang setiap harinya. Anda bisa untuk mengumpulkan opini dan juga melihat saingan dengan mudah dari media sosial yang dipunyai.

Salah satu media sosial yang bisa dipilih adalah Facebook. Market research untuk Facebook akan bisa dilakukan karena Facebook merupakan media sosial yang paling banyak digunakan. Facebook masih menjadi media sosial yang digunakan oleh banyak orang baik dari remaja hingga juga dewasa. Selain sebagai media komunikasi, Facebook juga dapat untuk menjadi pasar yang mudah ditemukan untuk menawarkan berbagai jasa dan barang yang dicari. Sehingga ketika akan melakukan riset pasar maka bisa dilakukan di Facebook.

Media sosial Facebook akan menawarkan banyak keuntungan yang bisa digunakan ketika digunakan sebagai tempat promosi bisnis yang dilakukan. Adapun berbagai keuntungan tersebut adalah sebagai berikut ini:

  1. Keuntungan pertama adalah dapat untuk bisa membuat target pemasaran sendiri. Ketika melakukan riset pasar Anda akan lebih mudah untuk membuat target potensial konsumen yang bisa didapatkan untuk memasarkan produk yang dimiliki.
  2. Keuntungan selanjutnya adalah membuat pemasaran yang lebih terfokus dan juga terarah.
  3. Keuntungan lainnya adalah akan dapat untuk menyertakan gambar yang penting untuk menambah ketertarikan. Sehingga gambar dari produk akan dibuat sedemikian rupa untuk dapat menarik bagi konsumen.
  4. Keuntungan lainnya adalah dapat untuk membuat pesan berantai.
  5. Keuntungan terakhir adalah dapat untuk mempunyai jangkauan lebih luas.

Sedangkan untuk kekurangan apabila menggunakan Facebook untuk promosi adalah:

  1. Kekurangan pertama adalah iklan yang tidak relevan.
  2. Kekurangan selanjutnya adalah sulit untuk mendapatkan perhatian dari penggunanya.
  3. Mempunyai klik dan juga konversi lebih rendah daripada media sosial lainnya.
  4. Facebook juga mempunyai banyak gangguan yang dapat untuk membuat promosi di media sosial ini kurang efektif untuk dilakukan.

Dengan mengetahui kekurangan dan juga keuntungan dari promosi di Facebook tersebut juga menjadi pertimbangan yang digunakan. Sehingga dengan riset pasar akan dapat untuk menyediakan data yang dibutuhkan dari media sosial Facebook. Hal tersebut akan membantu untuk melakukan pemasaran yang lebih efektif dan menghindari atau meminimalisir kekurangan yang dipunyai. Agar nantinya promosi menjadi lebih efektif yaitu lebih tepat sasaran hingga bisa menjaring konsumen potensial lebih baik.

Ini juga menjadi salah satu rekomendasi kami untuk menggunakan tools market research dari indonesia yang sudah berpengalaman dan fiturnya tentu sangat lengkap. Dengan begitu anda bisa mendapatkan analisa yang lebih akurat. Toolsnya yaitu Sonar Platform, alat market research untuk kebutuhan analisa facebook. Para digital marketer merekomendasikan tools ini sebagai alat untuk menganalisa pasar lewat social media. Langsung saja klik tautan disini untuk mengetahui lebih lengkap tentang platform social media terbaik indonesia.

Related posts