Merencanakan liburan dengan mengajak orang tua bisa menjadi hadiah manis yang akan selalu dikenang. Terutama bagi kamu yang jarang menghabiskan waktu bersama karena sibuk dengan urusan pekerjaan. Berbagai persiapan seperti cek harga tiket pesawat online dan membeli tiket sesuai destinasi yang diinginkan pun kini sudah lebih mudah dilakukan sehingga tidak ada lagi alasan bagi kamu untuk menunda.

Kamu hanya perlu menyusun itinerary sambil mendiskusikan tempat yang ingin dikunjungi orang tua. Setelah itu, kamu bisa lakukan 5 tips ini sebagai perisiapan agar orang tua merasa nyaman saat meninggalkan rumah dan puas liburan.

  1. Titip rumah

Banyak orang tua yang senang berlama-lama menikmati liburan. Namun, tidak sedikit juga yang mudah merasa bosan atau tidak enak meninggalkan rumah terlalu lama. Jika orang tua kamu termasuk dalam kategori ini, komunikasikan dan mintalah persetujuan orang tuamu untuk meminta orang terdekat menjaga rumah saat ditinggal. Kamu bisa meminta tolong pada saudara atau tetangga yang dipercaya orang tua untuk diserahkan tanggung jawab ini. Jika sudah ada pembantu, tidak ada salahnya kamu meminta keluarga untuk mengawasi sesekali keadaan rumah orang tuamu. Jangan lupa untuk tinggalkan nomor teleponmu kepada si penjaga rumah agar dapat dihubungi jika terjadi sesuatu.

  1. Konsultasi dengan dokter

Satu minggu sebelum orang tua berangkat liburan, ada baiknya kamu mengajak orang tua untuk melakukan check up. Pemeriksaan ini diperlukan agar kamu dan orang tua sama-sama memiliki ‘pegangan’ soal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama liburan. Kamu juga bisa diskusikan dengan dokter soal kegiatan yang akan orang tua lakukan saat di tempat tujuan. Persiapkan juga obat-obatan dan vitamin yang biasa dikonsumsi orang tuamu, ya.

  1. Siapkan pakaian yang nyaman

Pemilihan outfit selama liburan juga penting untuk kenyamanan orang tua selama liburan. Jika kamu berencana pergi ke tempat yang udaranya lebih dingin, siapkan longjohn atau kaus turtleneck yang dapat menghangatkan tubuh plus jaket yang sesuai. Siapkan juga beberapa kaus kaki untuk dipakai orang tua saat tidur dan jalan-jalan. Jangan lupa juga persiapkan diapers yang cukup untuk dipakai saat dalam perjalanan ataupun di tempat tujuan agar mereka tidak kerepotan saat membutuhkan toilet.

  1. Manfaatkan fasilitas umum

Jika orang tuamu sudah melewati usia paruh baya, tidak ada salahnya kamu mulai memanfaatkan berbagai fasilitas umum yang tersedia. Misalnya, meminta pihak maskapai untuk menyediakan kursi roda atau selimut tambahan. Saat menginap di hotel, kamu juga bisa memilih kamar yang dekat dengan lift agar orang tua tidak terlalu capek.

  1. Perhatikan diet dan pantangan

Liburan bukan berarti membuat orang tua bebas mengonsumsi apa saja yang mereka mau. Sebagai anak yang baik, kamu harus tetap memperhatikan pola diet dan makanan yang dipantang oleh orang tua. Jika orang tua menginginkan makanan yang manis, usahakan kamu mengecek terlebih dahulu kandungan gula yang terdapat di dalamnya dengan sedikit megobrol dengan pemilik atau pelayan restoran.

Lakukan traveling bersama orang tua sebetulnya tidaklah rumit. Kamu hanya perlu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya lewat quality time dan kegiatan yang bermakna. Sisakan waktu saat malam hari sebelum tidur untuk mengobrol ringan. Dijamin, liburan yang kamu buat akan menjadi kenangan manis bagi mereka.