Tips Mengonsumsi Kurma untuk Ibu Hamil

  • Whatsapp
Kurma untuk Ibu Hamil

Kurma merupakan kudapan lezat yang sering dikonsumsi saat bulan puasa tiba. Kini Anda bisa mengonsumsi kurma kapan saja tanpa harus menunggu Ramadhan, bukan? Konsumsi kurma bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, baik anak-anak hingga orang dewasa. Manfaat kurma untuk ibu hamil bisa menjadi sumber energi, kaya vitamin K, cegah bayi lahir dalam kondisi cacat, menghasilkan asam amino, dan lain-lain.

Waktu yang tepat untuk mengonsumsi kurma

Mengonsumsi kurma selama menjalani kehamilan sejak trimester pertama bisa Anda coba terapkan di rumah. Anda bisa mengonsumsi sesuai dengan waktu kehamilan yang tepat. Perhatikan tips konsumsi kurma untuk ibu hamil sesuai usia kehamilan berikut!

1.              Trimester pertama

Konsumsi buah kurma pada awal kehamilan bisa memberikan energi yang hilang akibat morning sickness. Anda bisa mengonsumsi buah kurma dalam jumlah ganjil dalam porsi sedang saja. Porsi makan kurma yang berlebihan pada awal kehamilan bisa sebabkan masalah diabetes ibu hamil yang acap terjadi.

2.              Trimester kedua

Jika gejala morning sickness buat Anda kepayahan pada awal kehamilan, maka trimester kedua bisa menjadi upaya mendapatkan nutrisi terbaik. Asupan makanan yang bergizi menjadi prioritas termasuk membatasi camilan yang terlalu manis. Anda jelas tidak ingin bayi tumbuh terlalu besar di dalam kandungan, bukan? Konsultasikan dengan dokter kandungan jika ingin mengonsumsi kurma dalam jumlah yang secukupnya saja.

3.              Trimester ketiga

Pada kehamilan akhir, Anda butuh energi yang lebih besar dalam menyambut kelahiran buah hati. Riset membuktikan bahwa Anda bisa konsumsi buah kurma mulai empat minggu jelang HPL tiba. Sembari belanja di toko online perlengkapan bayi, Anda bisa ngemil kurma, ya?

Trik konsumsi kurma muda pada trimester akhir

Buat Anda yang mulai memasuki angka kehamilan minggu ke-36, maka pertimbangkan untuk mengonsumsi kurma secara rutin. Asal tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, khasiat kurma sangat besar dalam mendukung kehamilan Anda. Kurma muda dipercaya bisa melancarkan proses persalinan Anda, lho!

Tak hanya bisa dimakan langsung, Anda bisa mengonsumsi kurma muda dengan cara yang lain. Coba seduh daging kurma yang sudah dihilangkan bijinya dengan air panas. Pastikan Anda menghaluskannya lebih dulu, ya!

Masukkan madu, susu dan perasan air lemon ke dalam seduhan kurma. Minum segelas kurma hangat setiap hari jelang tidur agar khasiat kurma bisa lebih optimal. Kurma juga bisa dicampur dengan bubur atau nasi sebagai menu sarapan yang nikmat. Lezat dan berkhasiat bagi kesehatan ibu dan janin, kenapa tidak?

Bagi Anda yang punya cara mengonsumsi kurma muda dengan bahan lain, kenapa tidak? Kurma muda bisa dikonsumsi dalam bentuk jus dengan campuran buah lain, misalnya melon atau tomat. Menikmati segelas kurma hangat yang lezat bisa memberikan manfaat ekstra, lho! Yuk, dapatkan manfaat kurma untuk ibu hamil sejak trimester pertama hingga jelang persalinan!

Related posts