Tips Menjadi Pendengar yang Baik

  • Whatsapp
Tips Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi seseorang yang memiliki karakter pendengar yang baik adalah salah satu sifat yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Sebab dalam dunia kerja hal tersebut memanglah sangat penting untuk digunakan. Sayangnya tak semua orang mengetahui bagaimana tips menjadi pendengar yang baik.

Tentunya sangat disayangkan sekali jika setiap orang tak mengetahui tips tersebut. Selain itu jika orang tersebut juga akan merasa dirugikan. Nah agar anda terhindar dari kemungkinan dirugikan. Maka berikut ini adalah beberapa tips menjadi pendengar yang baik yang dapat anda gunakan.

Tunggu lawan bicara selesai mengemukakan pendapat

Hal pertama yang wajib anda lakukan adalah menunggu lawan bicara menyelesaikan mengemukakan pendapatnya. Selain menjadi salah satu cara menghargai keberadaan lawan bicara. Tentunya pada saat itu juga anda dapat berpikir respond apa yang hendak diberikan.

Parahnya jika anda memang memotong pembicaraan orang lain. Selain dianggap kurang sopan, ternyata anda juga akan mendapatkan penilaian sombong dan tak beretika. Maka dari itu menjadi pendengar yang baik dengan cara menunggu lawan bicara selesai dalam mengemukakan pendapat adalah salah satu cara yang terbaik.

Mengulangi apa yang dikemukakan

Banyak orang beranggapan jika mendengarkan tanpa mengemukakan suatu pendapat adalah suatu tindakan yang pasif. Atau anda hanya ingin menerima informasi tanpa adanya suatu komunikasi timbal balik.

Sebenarnya anda dapat memberikan pendapat atau berusaha mengulang bagaimana pendapat dari lawan bicara. Jika memang pendapat anda diterima dengan baik, maka komunikasi kedua belah pihak dapat berlangsung dengan baik.

Namun jika memang dirasa apa yang anda kemukakan belum sampai pada apa tujuan pendapat dari lawan bicara. Maka lawan bicara akan menjelaskan kembali maksud dari materi atau pendapat yang mereka kemukakan sampai pada tahap anda mengerti maksud tersebut.

Tentunya anda juga akan dinilai lebih aktif daripada hanya diam dan mendengarkan pendapat orang lain saja.

Memberikan pertanyaan hindari berasumsi

Banyak kasus yang menunjukkan jika beberapa orang memang memiliki asumsi pribadi terhadap hal yang belum dimengerti dari pembicaraan yang dilakukan oleh lawan bicara. Alhasil setiap asumsi tersebut menimbulkan arti yang berbeda.

Tentunya anda juga akan sangat dirugikan jika asumsi tersebut sedikit melenceng dari apa yang hendak disampaikan oleh lawan bicara. Akan lebih baik jika anda mencoba mengajukan beberapa pertanyaan terhadap hal yang belum dimengerti. Dengan begitu anda juga akan sedikit menghindari akan asumsi yang salah.

Gunakan Bahasa tubuh

Bahasa tubuh memang sangat diperlukan oleh setiap orang dalam proses mendengarkan. Maka dari itu sangat disarankan untuk menggunakan Bahasa tubuh yang baik. Dengan begitu lawan bicara akan menganggap jika anda memang serius dan membutuhkan informasi yang sedang dikemukakan.

Bahasa tubuh yang digunakan adalah seperti condongnya bagian tubuh anda kepada lawan bicara. Lakukan kontak mata dengan baik, gerakkan tangan ketika berbicara dengan lawan, gunakan posisi duduk yang sama. Dan atur personal space, hal ini dilakukan agar lawan bicara anda tetap merasa nyaman.

Berkata jujur jika memang kurang terdengar

Terkadang kejadian tak terduga seperti ucapan lawan bicara yang kurang terdengar. Tentunya hal ini sangat merugikan anda. Dengan melihat kasus tersebut sebaiknya anda juga mulai aktif untuk sedikit mengemukakan pendapat atau memberikan masukan.

Artinya anda dapat berbicara kepada lawan agar lebih keras ketika sedang berbicara. Dengan begitu anda juga dapat mendengarkan dan lawan bicara anda tidak perlu kerja dua kali untuk menjelaskan apa yang hendak dibicarakan.

Keuntungan menjadi pendengar yang baik

Meskipun terbilang sepele namun menjadi pendengar yang baik dapat memberikan keuntungan bagi diri anda. Mungkin anda tak menyadarinya akan hal tersebut. Namun berikut ini adalah beberapa keuntungan yang dapat anda miliki ketika menjadi seorang pendengar yang baik.

  1. Lebih dihargai

Seperti sistem timbal balik. Salah satu cara menghargai lawan bicara adalah dengan menjadi seoarang pendengar yang baik. Tentunya ketika mereka dihargai, anda juga akan mendapatkan timbal balik yang sepadan.

Artinya anda akan diberikan kesempatan berbicara dan didengarkan dengan baik pula oleh lawan bicara anda.

  1. Lebih mudah mendapatkan solusi

Beberapa orang memutuskan untuk berbicara kepada orang lain agar mendapatkan suatu solusi dari permasalahan yang dihadapi. Tentunya jika anda berada diposisi pendengar, wajib hukumnya untuk menyimak dan mendengarkan setiap perkataan yang diucapkan oleh lawan bicara. Dengan begitu anda dapat memiliki solusi sesuai dengan sudut pandang anda.

  1. Menambah wawasan

Salah satu keuntungan yang akan anda dapatkan ketika menjadi pendengar yang baik adalah memiliki wawasan yang lebih bertambah. Hal ini dikarenakan lawan bicara akan memberikan pembicaraan yang sebelumnya belum anda ketahui. Tentunya dalam hal ini anda tidak akan dirugikan dalam segi apapun.

Melihat keuntungan di atas maka sangat penting sekali bagi anda mengetahui tips menjadi pendengar yang baik.

Related posts