Tips Merawat Set Meja Makan Stainless

  • Whatsapp
Tips Merawat Set Meja Makan Stainless

Set meja makan mungkin bisa menjadi tempat yang rentan untuk terkena noda dari sekian banyak ruangan yang ada di rumah. Setiap set meja makan mempunyai karakter serta cara perawatan berbeda. Set meja makan stainless dikenal lebih tahan lama dan awet dibandingkan dengan material lainnya. Tentu, anda bisa mendapatkan keunggulan material stainless ini jika anda merawatnya dengan benar.

Perawatan set meja makan stainless memang bisa dibilang cukup sederhana, akan tetapi harus dilakukan secara rutin supaya tidak mudah rusak. Berikut ini tips merawat set meja makan stainless yang sebaiknya anda ketahui.

Tips Merawat Set Meja Makan Stainless

  • Melepas kenop agar bersih total

Saat membersihkan set meja makan tersebut, anda sebaiknya melepas kenopnya. Bagian sela-sela tersebut sulit dijangkau dan sering dihinggapi kotoran. Apabila anda melepas bagian kenop, maka anda bisa membersihkan permukaan dengan mudah.

  • Ganggang stainless memerlukan perawatan ekstra

Meja dan kursi makan stainless umumnya dilengkapi dengan kaki atau gagang. Anda dapat membersihkan bagian yang kerap disentuh ini dengan dilap sampai benar-benar bersih secara rutin. Usaplam kain lap dari bahan mikrofiber yang kerap dipakai untuk membersihkan kacamata.

Permukaannya yang lembut bisa menghilangkan debu kecil dengan mudah tanpa meninggalkan goresan di permukaan. Sehingga anda tidak membutuhkan bahan pembersih dengan bahan kimia yang mungkin bisa membahayakan set meja makan anda.

  • Lawan karat

Permukaan set meja makan stainless akan berkarat seiring dengan berjalannya waktu. Untuk membersihkan bagian yang berkarat, anda dapat memakai bubuk pumice dengan campuran air bersih. Bubuk ini dapat anda beli secara online maupun offline di toko material.

Pakai pasta tersebut untuk menyeka permukaan stainless yang nampak berkarat, lalu bilas menggunakan air hangat. Bersihkan, dan lihat hasilnya yang sangat memuaskan.

  • Membersihkan meja makan

Meja makan stainless sekarang ini menjadi pilihan banyak chef profesional sebab didesain agar bisa tahan lama. Untuk membuat permukaan meja stainless tetap bersih dan berkilau, pastikan anda menghindari pemakaian pembersih dengan bahan abrasif.

Anda cukup memanfaatkan sabun pencuci piring cair dan air hangat saat menyeka permukaan meja makan.

  • Menghilangkan

Jika terdapat bekas noda pada permukaan stainless entah karena makanan ataupun sebab yang lainnya maka anda bisa mencoba memakai resep pembersih dibawah ini:

  1. ¼ cup jus lemon
  2. 1 cup baking soda
  3. 3 sdm boraks
  4. soda secukupnya untuk membilas

Anda dapat mencampurkan bahan tersebut dan membuatnya sebagai pasta pembersih. Oleskan pasta secara merata di bagian yang terkena noda lalu seka menggunakan kain lembut sembari digosok perlahan apabila noda sulit hilang. Setelah itu, bilas menggunakan soda. Berikutnya, lap menggunakan kain mikrofiber sampai kering.

  • Mengkilapkan

Pakai cuka yang sudah diencerkan menggunakan air secukupnya. Lalu gosok stainless tersebut menggunakan kain microfiber atau spons halus. Bilas hingga bersih lalu usap sampai kering memakai kain microfiber berserat lembut.

  • Menghilangkan noda kerak

Apabila set meja makan anda terdapat noda membandel misalnya kerak, maka anda bisa mengatasinya dengan diolesi pasta gigi. Gosok dengan menggunakan kain microfiber secara perlahan lalu diamkan beberapa menit. Beberapa saat kemudian, bilas sampai bersih lalu usap hingga kering memakai kain microfiber.

Demikian beberapa tips merawat set meja makan stainless yang bisa anda terapkan agar sert meja makan anda selalu awet, bersih dan tahan lama. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts